Tips memilih warna cat minimalis

Banyaknya tips memilih warna cat rumah minimalis kadang membuat bingung mengaplikasikan mana warna cat yang tepat untuk rumah kita. Sebenarnya penggunaan cat untuk rumah tujuannya sama yaitu untuk mempercantik tampilan rumah dari sisi interior dan eksteriornya, terlepas apapun model serta ukuran rumah tersebut. Mungkin untuk jenis rumah mewah yang menerapkan konsep konvensional tidak sulit mengaplikasikan beberapa kombinasi warna, namun untuk jenis rumah minimalis tentu pengaplikasian warna cat ada batasan-batasan tertentu. Artinya kombinasi warna cat yang terlalu banyak akan berpengaruh negatif terhadap konsep minimalis rumah itu sendiri.
Biasanya konsep warna untuk rumah minimalis hanya menitikberatkan permainan warna dibagian dinding dengan dominasi warna tunggal. Jika ada kombinasi warna, mungkin hanya sekedar aksen agar tidak terlihat monoton, dan itupun porsinya hanya sedikit sekali. Hal ini mengacu pada pola desain rumah minimalis yang memiliki ciri khas luas terbatas sehingga berpengaruh terhadap penggunaan warna cat. Intinya kombinasi warna yang terlalu banyak pada rumah minimalis hanya membuat tampilan rumah kurang seimbang dan terkesan sempit.
Tidak ada kriteria baku untuk memilih warna cat rumah minimalis karena setiap pemilik rumah cenderung memiliki warna favorit yang berbeda. Dan warna kesukaan tersebut biasanya selalu melahirkan mood positif. Meskipun begitu mengaplikasikan warna cat tidak cukup berpatokan pada warna favorit, artinya perlu pertimbangan atau kesepakatan dengan seluruh penghuni rumah sehingga endingnya semua penghuni rumah memiliki mood positif.
Jangan Mengandalkan Arsitek
Sulitnya kita menentukan warna cat yang tepat tak lantas kita bisa menyerahkan pilihan tersebut pada arsitek. Jaman sekarang banyak variasi pilihan warna cat yang bisa kita pilih dengan pertimbangan kita sendiri, tanpa ada campur tangan dari pemborong atau arsitek. Mengapa? Karena kedepannya rumah tersebut kita yang menempati, jadi pilihan kita sendiri yang perlu diprioritaskan. Yang paling penting dari tips memilih warna cat rumah minimalis adalah pertimbangan yang tepat mencakup luas ruangan, kombinasi warna, kondisi rumah dan lain sebagainya.
  • Perhatikan Luas Ruangan
Untuk mendapatkan warna cat ideal hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengetahui luas ruangan. Jika luas ruangan cukup sempit sebaiknya kita beri warna tunggal dengan pilihan warna cerah dengan sedikit aksen warna pada bagian furnitur. Mengapa harus warna tunggal? Karena luas ruangan sempit akan terasa semakin sempit jika mengaplikasikan warna terlalu ramai.
  • Peluang Kombinasi Warna
Untuk rumah minimalis yang cukup luas misalnya rumah minimalis type 56, type 60, atau type 70 keatas, sangat memungkinkan untuk menerapkan beberapa variasi warna agar suasana ruangan lebih atraktif. Namun setiap warna sebaiknya berbeda porsi, atau paling tidak harus ada warna dominan untuk mempertahankan konsep minimalis sebagai konsep dasar sehingga warna rumah terlihat lebih berkarakter.
  • Perhatikan Merek Cat
Pilihan warna yang tepat bukan berarti bisa memilih sembarang merek cat. Artinya kita wajib memilih merek cat yang mengandung bahan pembuat cat dalam komposisi ideal. Sebaiknya kita hindari merek cat yang mengandung zat-zat berbahaya yang berpotensi mengganggu kesehatan. Cat yang aman, tidak mengganggu kesehatan dan ramah lingkungan terbuat dari bahan Acrylic 100%.
  • Aplikasi Warna Netral
Setiap warna yang kita pilih tentu memberi efek yang cukup signifikan terhadap suasana rumah. Untuk mendapatkan kesan lebih homy idealnya kita aplikasikan warna-warna netral untuk rumah minimalis kita seperti abu-abu (warna wajib rumah minimalis), putih, dan krem.
Definisi Warna Cat
Setiap warna cat yang kita pilih sedikit banyak memiliki arti berbeda-beda. Warna-warna netral semacam abu-abu, putih, atau krem memberi kesan lebih bersih, praktis, lebih tegas dan menenangkan. Perlu kita ingat warna netral selalu cocok dikombinasikan warna apapun termasuk warna-warna cerah. Meskipun warna-warna netral cenderung lebih cocok untuk rumah minimalis namun harus diimbangi dengan pengaplikasian furnitur berwarna cerah agar ruangan tidak terlihat pucat dan monoton.
Penggunaan warna netral untuk rumah minimalis tentu sifatnya tidak mutlak, bahkan sebagian tips memilih warna cat rumah minimaliscenderung merekomendasikan beberapa warna cerah sebagai warna dominan, satu contoh misalnya warna kuning. Warna yang identik dengan suasana ceria ini selain menginspirasi juga sanggup memotivasi sehingga kita jadi lebih optimis. Warna kuning sendiri sering dikait-kaitkan dengan simbol kesejahteraan dan lambang kepercayaan diri.

Komentar